Home » , , » Cintai Batik Nusantara

Cintai Batik Nusantara

Written By Unknown on Rabu, 02 Oktober 2013 | 10.54

Siapa yang tidak mengenal batik, di Indonesia batik menjadi warisan budaya yang sangat perlu dilestarikan. Batik sendiri secara historis berasal dari Zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang dahulu masih menggunakan media daun lontar. 

Dan sekarang batik sudah mengalami perkembangannya entah dari jenis corak, warna, bahan kain, dan material lainnya. Jenis dan corak batik nusantara sangat beragam sekali dan tergolong banyak, corak dan variasinya tergantung filosofi dan budaya masing-masing daerah yang sangat beragam. Sedangkan sejarah pembatikan sendiri berkaitan erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan Penyebaran Islam di tanah Jawa. Pengembangannya sendiri banyak dilakukan pada masa kerajaan Mataram, kemudian pada Masa Kerajaan Solo dan Yogyakarta. 

Seni membatik merupakan seni menggambar diatas media kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan Keluarga Raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya aktivitas membatik hanya terbatas dalam kraton saja dan ia dihasilkan untuk pakaian para Raja dan keluarganya serta pembesar. Karena dari pembesar-pembesar itu tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar dari kraton dan dihasilkan pula ditempatnya masing-masing. 

Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh para rakyat biasa dan selanjutnya meluas sehingga menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangga mereka untuk mengisi waktu luang. Bahan-bahan batik di Indonesia menggunakan pewarna yang terdiri dari tumbuhan-tumbuhan asli Indonesia yang terbuat dari pohon mengkudu, soda, nila, dan bahan sodanya dibuat dari bahan soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.Meluasnya kesenian membatik ini sehingga menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad k-XIX. 

Dan semenjak tahun 2009 untuk pertama kalinya tanggal 02 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional yang bertepatan pula dengan ditetapkannya batik sebagai warisan Budaya Indonesia. (@okti_tiya)

Selamat hari Batik Nasional 02 Oktober 2013
Banggalah dengan produk dalam negeri, Cintai Batik Nusantara. ^__^


Share this article :

Posting Komentar